Eabsen Kerja Sama dengan BKD Smart Office (Apps) dan Telkomsel

Jumat, 09/10/2015 Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Utara turut menghadiri kerja sama pengembangan Smart Office (Apps) Mobile Connectivity oleh PT. Telkomsel Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di sela-sela peluncuran layanan 4G LTE Telkomsel yang dibuka oleh Pejabat Gubernur Sulawesi utara diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. John Palandung, M.Si Sekda Prov. Sulut dan dihadiri Direkur Utama PT. Telkomsel dan jajaran direksi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Sulut DR. Femmy J. Suluh, M.Si turut menyaksikan penantanganan nota kesepakatan (MOU) antara PT. Eabsen Global Indonesia dengan PT. Telkomsel Indonesia.

Sebagaimana diketahui penggunaan sistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui Smart Office Apps yang saat ini dikembangkan dan diterapkan oleh Badan Kepegawaian Daerah Pemeritah Provinsi Sulawesi Utara dan bekerja sama dengan PT. Eabsen Global Indonesia yaitu Sistem Manajemen Absensi Sidik Jari Online dengan tujuan untuk melakukan efisiensi, transparansi dan akuntable data dan laporan kehadiran pegawai sehingga meningkatkan integritas, disiplin, dan pelayanan oleh aparatus sipil negara.

Tahapan implementasi Absensi Online Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan dilaksanakan pada 114 kantor SKPD/UPTD pada 15 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Provinsi Sulawesi Utara. Saat ini implementasi telah mencapai 30% dari seluruh kantor pemerintahan dan ditargetkan 100% pada januari 2016 sehingga seluruh kantor SKPD/UPTD telah terpasang dan dapat dimonitor oleh BKD Provinsi Sulawesi Utara. Dengan area pengguna yang sangat luas, maka dibutuhkan jaringan komunikasi data yang mampu menjangkau semua kantor pemerintah Sulawesi Utara yang tersebar di setiap Kabupaten/Kota. Untuk itu Sistem Absensi Online memilih untuk menggunakan jaringan Telkomsel yang sudah memiliki jaringan yang luas dan dapat menjangkau semua kantor pemerintahan Sulawesi Utara yang tersebar di semua Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara.